Mengenal Lebih Dekat Ikan Baronang dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Lebih Dekat Ikan Baronang dan Jenis-Jenisnya-Berjumpa lagi denan Anak Tani7, terimakasih sudha setia berkunjung di blog anak tani7, kali ini kami akan berbagi seputar dunia perairan yaitu Ikan. pada kali ini kami berbagi tentang ikan Baronag, taukah kalian apa itu ikan baronang, dan jenisjenis ikan baonang itu apa saja? langsung saja yuk Mengenal Lebih Dekat Ikan Baronang dan Jenis-Jenisnya dibawah ini:

A. Deskripsi Ikan Baronang
Ikan Baronang merupakan salah satu sumberdaya hayati perairan laut yang banyak dikonsumsi dan merupakan ikan favorit bagi pemancing di Indonesia. Ikan ini begitu banyak diminati oleh konsumen karena ikan ini memiliki daging yang gurih dan bernilai gizi yang lumayan tinggi. Penyebaran ikan Baronang cukup luas dan ada hampir di seluruh wilayah perairan laut Indonesia. Hal ini karena Indonesia merupakan negara dengan wilayah perairan laut yang luas. Ikan Baronang memiliki mulut yang kecil, gigi seri pada masing-masing rahang, gigi geraham berkembang sempurna, dinding lambung agak tebal, usus halus yang panjang dan permukaannya luas yang membuat ikan ini tergolong sebagai ikan herbivora. Tetapi kalau dibudidayakan, ikan Baronang juga mampu memakan makanan apa saja yang diberikan seperti pakan buatan. Ikan Baronang bereproduksi secara eksternal. Dalam hal ini, ikan jantan dan betina akan saling mendekat satu sama lain, kemudian si betina akan mengeluarkan telur. Selanjutnya, si jantan akan segera mengeluarkan spermanya, lalu sperma dan telur ini bercampur di dalam air. Ikan Baronang memiliki kelenjar racun pada sirip punggungnya. Meskipun racunnya tidak terlalu berakibat fatal, rasa sakit saat terkena duri ikan ini mampu mengganggu aktivitas tidur kita di malam hari.

B. Klasifikasi Ikan Baronang
  1. KINGDOM : ANIMALIA
  2. Filum         : Chordata
  3. Kelas         : Pisces
  4. Sub kelas         : Teleostei
  5. Ordo         : Perciformes
  6. Famili         : Siganidae
  7. Genus         : Siganus
  8. Spesies         : Siganus canaliculatus
C. Morfologi Ikan Baronang

Menurut Woodland, 1990 ikan baronang ini memiliki bentuk morfologi sebagai berikut :
  1. Bentuk badan pipih, ramping, bentuk kepala cekung dibagian atas kepala.
  2. Sisiknya halus, dan tipis
  3. Punggung berwarna kecoklatan atau kehijau – hijauan, namun pada bagian perut berwmenarna keperakan.
  4. Bagian sirip punggung, dubur dan ekor mencapai maksimum kurang lebih 25 cm
D. Jenis-Jenis Ikan Baronang
1. Siganus canaliculatus

Ikan baronang jenis ini memiliki tubuh yang dapat mencapai 23 cm, lebar badannya anatara 2,4 - 2,7 kali dari panjang standar dengan badan yang berbentuk oval dan menyamping. badannya berwarna kecokelat-cokelatan dengan bintik-bintik putih yang tersebear diseluruh tubuh.

2.Signus virgatus

Ikan baronang jenis ini merupakan jenis yang dikenal sebagai ilayak tembaga atau baronang emas. Panjang tubuhnya dapat mencapat lebih dari 20 cm dengan bentuk badan oval dan menyamping dengan lebar bada 1,9 - 2,2  kali dari panjang standar. Tubhnya berwarna cokelat tua kekuning-kuningan atau keemasan.

3.Siganus guttatus

Baronang jenis ini mempunyai warna tubuh abu-abu kebiruan dan bagian bawahnya berwarna keperakan dengan beberapa bintik sebesar bola mata. DI bawah sirip punggung terdapat bercak bersar berwarna kuning. Bentuk tubuhnya oval menyamping dengan lebar badan antara 1,8 - 2,3 kali panjang standar. Ikan baronang siganus guttatus mempunyai 17 jari-jari keras dan 10 jari-jari lunak pada sirip punggung, 7 jari-jari keran dan 9 jari-jari lunak pada sirip dubur. Sirip ekornya berbentuk segi atau sabit pada ikan-ikan dewasa.

4.Siganus javus
Jenis ikan baronang ini mempunyai punggung berwarna perunggu gelap dan agak pucat dibagian perut, terdapat bintik-bintik biru dikepala dan sisi tubuh bagian atas. Bentuk badannya menyamping dengan lebar badan sekitar 2,0 - 2,3 kali panjang standar. Baronang ini memiliki 13 jari-jari keras dan 10 jari-jari lunak pada sirip punggung, 7 jari-jari keras dan 9 jari-jari lunak pada sirip dubur dan mempunyai 30 - 35 baris sisik antara gurat sisi dan pangkal sirip punggung.

5.Siganus vermiculatus 
Jenis baronang ini yang biasa disebut ilayak tutam. Tubuhnya tertutup oleh garis berkelok seperti cacing. Sirip ekornya sedikit cekung dan duri terakhir pada sirip dubur sedikit memanjang. Lebar badannya mencapai 1,9 - 2,2 kali dari panjang standar. Siganus vermiculatus memiliki 13 jari-jari keras dan 10 jari-jari lunak pada sirip punggung, 7 jari-jari keras dan 9 jari-jari lunak pada sirip dubur.

E. Penyebaran Ikan Baronang
1. Siganus guttatus, penyebarannya di :


Sumatera      : Sibolga, Bengkulu, Padang, Deli;
Jawa             : P. Seribu, Cirebon, Balay, Surabaya;
Kalimantan  : Balik Papan;
Sulawesi      : Ujung Pandang, Bajo, Manado, Selayar;
Maluku        : Seram, P. Obo, Ternate, Ambon, dsb.

2. Siganus canaliculatus, penyebarannya di :


Sumatera   : Sibolga, Padang;
Jawa          : Ujung Kulon, Teluk Banten, P. Seribu;
Maluku     : Ternate, Bacan.

3. Siganus javus, penyebarannya di :


Sumatera     : Deli, Sibolga, Bengkulu, Bangka, Belitung;
Jawa            : Jakarta, Cirebon, Semarang, Jepara, Surabaya, Pasuruan,  Madura;
Kalimantan  : Stagen, Balik Papan;
Sulawesi      : Ujung Pandang, Bajo.

F. Reproduksi Ikan Baronang
Ikan baronag akan melakukan reproduksi bila ikan baronang jantan mencapai ukuran 11-14 cm dan betina 13-21 cm. Dalam pemijahan ikan baronang ini sebaiknya dilakukan pada bulan Januari hingga April dan sampai pada puncaknya pada bulan Febuari sampai Maret serta pada musim kedua pada bulan Juli hingga Oktober.

G. Habitat Ikan Baronang
Ikan barongn biasanya hidup diperairan yang memiliki iklim sub tropis dan tropis disamudra hindia dan pesisir barat. Ikan barong terutama hidup disekitar ekosistem terumbu karang yang baik. Kadang juga dapat ditemukan di daerah hutan bakau dan pelabuhan yang sudah tercemar oleh limbah. Ada juga beberapa jenis ikan baronang yang dapat hidup di daerah danau dan sungai. Ikan baronang sangat sensitif pada perubahan lingkungan yang drastis terutama pada suhu, salinitas dan pada kadar oksigen. Ikan baronang juga sangat peka terhadap pergerakan lingkungan disekitarnya. Baronang bersifat fototaksis positif yang tertarik pada sinar atau cahaya. Ikan baronang sangat sensitif terhadap perubahan salinitas 5% dengan kisaran temperatur antara 25-34°C. Ikan baronang sangat sensitif terhadap kadar oksigen(DO) dibawah 2 ppm dan pH(Tingkat Keasaman) diatas 9. Umumnya ikan baronang hidup dikedalaman air kurang dari 15 meter.

H. Reproduksi Ikan Baronang
Reproduksi merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu organisme. Umumnya, ikan melakukan reproduksi secara eksternal. Dalam hal ini, ikan jantan dan betina akan saling mendekat satu sama lain, kemudian si betina akan mengeluarkan telur. Selanjutnya, si jantan akan segera mengeluarkan spermanya, lalu sperma dan telur ini bercampur di dalam air.  Induk jantan Siganus javus mulai matang kelamin pada ukuran panjang 27,0-36,6 cm dan berat 650-800 gram, sedangkan ikan-ikan jantan dan betina Siganus canaliculatus telah matang kelamin pada ukuran masing-masing 18,6 cm dan 22 cm. Pematangan gonad dan pemijahan secara alami induk ikan Baronang dapat terjadi di lingkungan air laut dengan salinitas 28-30 ppm dan suhu antara 23-32 derajat Celcius. Pematangan tersebut terjadi sepanjang tahun. Untuk membedakan kelamin ikan jantan dan betina.

I. Kebiasaan Makan  Ikan Baronang
Menurut penelitian Lam, 1974 mengatakan bahwa ikan yang termasuk signidae merupakan ikan herbivora. Ikan baronang akan melakukan penyesuaian dengan morfologi mulai dari gigi dan saluran pencernaannya yaitu mulut berukuran kecil, dinding lambung tebal, usus halus panjang danmempunyai permukaan yang luas. Sehingga ikan ini termasuk pemakan tumbuh – tumbuhan.



1 comment for "Mengenal Lebih Dekat Ikan Baronang dan Jenis-Jenisnya"

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

    ReplyDelete

Post a Comment