Manfaat Sayur Kangkung Bagi Tubuh Untuk Kesehatan

Manfaat Sayur Kangkung Bagi Tubuh Untuk Kesehatan

Manfaat Sayur Kangkung Bagi Tubuh Untuk Kesehatan-pada kesempatan kali ini anaktani7 akan berbagi mengenai kangkung, pasti bagi kalian kangkung adalah sayuran yang tidak asing lagi, dan bahkan diantara kalian pastinya selalu membuat menu kangkung. jangan khawatir kalau kangkung tidak mempunyai manfaat bagi tubuh, bahkan kangkung kaya lo dengan manfaatnya. Langsung saja ini dia manfaat dari segala kangkun bagi kesehatan Tubuh:

1. Menjaga kesehatan mata
Kangkung kaya akan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, vitamin A mampu melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri dan virus. Vitamin ini juga bisa meningkatkan produksi cairan sehingga mata tidak kering.

2. Antiradang
Sebuah penelitian dalam Research Journal of Pharmaceutical, Biological and Chemical Sciences tahun 2010 menguak bahwa sayur bayam air ini ternyata punya khasiat antiradang yang mujarab. Peradangan biasanya ditandai dengan gejala seperti nyeri dan pembengkakan.

3. Mencegah diabetes
Tahun 2013 lalu para peneliti berhasil menemukan khasiat rutin makan bayam air untuk mencegah diabetes pada ibu hamil dan bayinya. Penelitian dalam Journal of Diabetes ini mencatat bahwa sayur bayam air ini bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan tersebut mampu menangkal oksidasi penyebab diabetes pada sel-sel tubuh ibu hamil dan janin.

4. Melawan kerusakan hati (liver)
Sejak berabad-abad lalu, manfaat kangkung diketahui mujarab untuk melawan kerusakan organ hati. Baru-baru ini penelitian dalam jurnal Molecules juga berhasil membuktikan manfaat tersebut.

Bayam air bisa melindungi organ hati dari kerusakan, luka, dan peradangan. Menurut para ahli, ini karena kangkung bisa memicu produksi enzim yang akan membersihkan (detoksifikasi) hati dari racun dan zat sisa yang dapat menyebabkan kerusakan.

5. Mencegah dehidrasi
Tingginya kandungan berbagai jenis mineral dalam kangkung membuat sayur ini baik untuk mencegah dehidrasi. Ini karena peran utama mineral seperti kalium dan natrium yang ada di dalamnya.

6. Mengatasi anemia
Selain menjaga cairan dan elektrolit, mineral yang terdapat dalam sayur kangkung juga bisa membantu mengatasi gejala anemia. Ini lantaran bayam air mengandung zat besi dan fosfor.

Zat besi sendiri sangat ampuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah (hemoglobin). Sel darah merah diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel dan organ tubuh Anda, misalnya jantung dan otak.  

7. Mengurangi risiko penyakit kronis
Manfaat kangkung yang sayang jika dilewatkan yaitu mengurangi risiko penyakit kronis. Di sisi lain, manfaat kangkung lainnya juga bisa mencegah penyakit lain yang disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh Anda.

8. Mengurangi kolesterol

Kangkung adalah pilihan yang tepat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus membuktikan bahwa konsumsi kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol serta Trigliserida - salah satu jenis lemak. 

9. Penyakit kuning dan hati

Kangkung telah lama digunakan dalam pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak tanaman ini dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati karena memiliki sifat antioksidan.

10. Mengobati gangguan pencernaan dan sembelit

Kangkung kaya akan serat yang dapat mencegah gangguan pencernaan. Sayur ini bisa menjadi semacam pencahar bagi orang yang menderita gangguan pencernaan dan sembelit. 

11. Mencegah kanker

Mengandung 13 jenis senyawa antioksidan, kangkung adalah makanan yang tepat untuk pencegahan kanker. Sayur ini juga dikatakan dapat mencegah kanker perut serta kanker kulit dan payudara.

12. Mencegah Penyakit Sariawan

Kangkung yang berwarna hijau ini, mampu mencegah penyakit sariwan. Seperti pada penjelasan sebelumnya, kangkung mengandung Vitamin C, yang dapat mencegah sariawan dan gusi berdarah. Jika Anda sedang sakit gigi, inilah obatnya, Anda cukup mengunyah daun kangkungnya saja. Daun kangkung mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman pada gigi.

13. Sebagai Obat Insomnia (Sulit Tidur)

Kangkung sangat booming sebagai pemicu kantuk. Nah, bagi yang terkena insomnia, sangat di sarankan untuk mengkonsumsi kangkung. Dengan cara yang mudah, kangkung cukup di tumis layaknya makanan sebagai pelengkap nasi.

14. Mengurangi Nyeri Haid

Sering kali kita merasa nyeri pada saat haid. Kangkung dapat mengurangi rasa nyeri tak tertahankan pada saat haid. Cukup menumbuk daun kangkung lalu tambahkan air hangat, kemudian saring dan tambahkan madu agar ada rasa manis.

15. Sebagai Pengontrol Darah

Kangkung juga bermanfaat untuk pengontrol darah dalam tubuh. Karena kangkung mempunyai zat kimia yang dapat mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung dan otak.

16. Mencegah Bau Mulut

Bau pada mulut tentu sangat menggangu aktifitas kita. bau mulut sering terjadi pada saat kita berpusa atau mengkonsumsi makanan yang mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tidak perlu khawatir sayuran kangkung dapat menghilang bau pada mulut, karena kangkung mempunyai minyak esential yang dapat mengurangi bau pada mulut.

17. Sangat Baik untuk Ibu Hamil

Selain sayur katuk, sayur kangkung juga bermanfaat bagi ibu hamil terutama bagi ibu yang menyusui. Karena kangkung dapat memperlancar ASI pada ibu yang menyusui. Selain itu, kangkung juga dapat mencegah sembelit pada ibu hamil.

18. Menjaga Kualitas Otak

Patut untuk diketahui, Kangkung juga mengandung Omega 3 yang bermanfaat bagi kualitas otak. Bagi yang sedang hamil, hanya perlu mengkonsumsi kangkung untuk menjaga kualitas otak janin. Pada masa pertumbuhan Anak, para ibu hanya perlu memberikannya asupan gizi yang cukup untuk meningkatkan kecerdasan otak Anak.

19. Menumbuhkan Rambut

Siapa yang ingin rambut hitam dan lebat? Rambut merupakan mahkota bagi kaum hawa. Rambut yang sehat adalah rambut yang tidak bercabang, tidak rontok. Untuk menjaga kesehatan rambut, sangat diwajibkan unutk mengkonsumsi sayuran hijau seperti kangkung. Kangkung dapat menjaga dan menumbuhkan rambut yang rontok secara alami. Dengan begitu, rambut akan tetap sehat dan terjaga.

20. Menjaga kesehatan jantung
Perlu anda ketahui, bahwa di balik segarnya sayur kangkung ini, terdapat kandungan vitamin C dan A yang cukup tinggi, serta betakaroten di dalamnya. Sehingga dari situ akan bisa mencegah kolesterol teroksidasi, yang mana bisa menyebabkan arteri tersumbat, dan menimbulkan serangan jantung. Sehingga jika anda rutin mengkonsumsi kangkung ini, bisa menjadi langkah alami untuk menjaga jantung tetap dalam kondisi sehat.

Post a Comment for "Manfaat Sayur Kangkung Bagi Tubuh Untuk Kesehatan"