Budidaya Tanaman Bayam Kastoyan (Amaranthus caudatus)


Budidaya Bayam Kastoyan (Amaranthus caudatus)

Berjumpa Kembali dengan anak tani boss, selamat siang, karena di daerah saya hari ini masih siang. oke ppencinta kebun, tani ternak dan ikan. pada kali ini anak tani berbagi ilmu kembali mengenai Budidaya Tanaman Bayam Kastoyan (Amaranthus caudatus), kemarin kmi telah berbagi tentang Budidaya Tanaman Bayam versi Anak Tani. semoga bermanfaat ya.

oke, sedikit pembahasan tentang kali ini, bahwa bayak kastoyan atau dalam bahasa latinna disebut amaranthus caudatus adalah  Bayam duri. Dan mempunyai keserupaan dengan bayam biasa pada umumnya. Namun daun bayam duri lebih kasar dan kecil-kecil dibandingkan bayam sayuran. Bayam duri tumbuh secara liar dipekarangan atau dihalaman-halaman sekolah. Banyak orang menganggap sebelah mata dan bahkan memusuhi bayam duri karena bayam duri sering membuat telapak kaki seseorang tertusuk ketika berjalan.

Padahal secara medis bayam duri mempunyai manfaat kesehatan didalamnya. Ada banyak masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan bayam duri. Salah bagian yang bermanfaat dari bayam duri adalah akarnya. Penyakit yang bisa diobati dengan bayam duri seperi bisul yang keras, wasir (hemorhoid), ekzema, gusi bengkak, malancarkan pengeluaran ASI, demam, kutil, luka bakar dan digigit ular berbisa


Manfaat bayam duri bagi kesehatan

ini tidak terlepas dari kandungan kimia yang dikandungnya. Menurut penelitian yang dilakukan bahwa dalam tanaman berduri ini mengandung amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, kalsium oksalat, garam fosfta, zat besi, serta vitamin A, vitamin A, Vitamin K dan B6. Berikut kita jelaskan lebih jelas tentang khasiat dan manfaat bayam duri

Manfaat dan Khasiat Bayam Duri bagi Kesehatan

1. Mengobati disentri
  Untuk mengobati disentri, anda bisa menggunakan daun bayam duri. Caranya yaitu dengan mengambil akar bayam duri 30 gram daun bayam, 15 gram gula aren, dan air sebanyak 1 gelas. Rebus bahan ini hingga ari tersisa ½ gelas, dan minum sekaligus sebelum maka. Lakukan dua kali dalam sehari.

2. Mengatasi masalah keputihan
 Bagi wanita yang keputihan juga bermanfaat. Caranya yaitu dengan mengambil akar bayam duri sebanyak 40 gram dan dipotong-potong, tambahkan gula batu sebesar biji kelereng, dan masak dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Diamkan hingga dingin dan saring. Kemudian bagi sama dan minum pagi dan sore.

3. Mengobati sakit tenggorokan
 Manfaat bayam duri lainnya yaitu untuk mengobati penyakit pada tenggorokan. caranya yaitu dengan memanfaatkan akar bayam duri sebanyak 45 gram dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas.

cara budidaya tanaman ini sangatlah gampang, pada umumnya bayam adalah jenis tumbuhan yang sangat mudah dtanam, yang pasti tanamlah bayam di tempat tanah yang begitu lembab, agar hasil dan pertumbuhannya begitu cepat. lihat saja cara budidaya tanaman bayam di Budidaya Tanaman Bayam versi Anak Tani.

mungkin, cukup sekian materi pada kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita semuanya.

2 comments for "Budidaya Tanaman Bayam Kastoyan (Amaranthus caudatus)"

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete

Post a Comment