Budidaya Tanaman Bayam Versi Anak Tani

pada kesempatan kali ini anak tani akan berbagi mengenai macam - macam tumbuhan sayuran hijau. sebelum itu yang dimaksut sayuran hijau adalah jenis tumbuhan yang memiliki kaya manfaat. karena dengan warnanya yang berwarna hijau, bisa membuat tubuh semakin segar dan bisa juga berwajah cahaya. tumbuhan yang hijau ini memiliki banyak sekali vitamin - vitamin yang itu sangat luar biasa sangat baik untuk kesehatan tubuh.

yang pertama adalah Sayuran Bayem.  Bayam merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting


Cara Menanam Bayam

1. Menyiapkan Benih Bayam


Benih bayam didapatkan dengan cara memperbanyak benih. Benih diambil dari bayam yang sudah berumur 3 bulan. Apabila benih diambil dari tanaman yang masih muda, benih tidak akan bertahan dalam waktu yang lama serta tingkat perkecambahan yang rendah. Benih bayam yang bagus bisa bertahan sampai satu tahun.

Benih bayam yang selesai dipanen sudah bisa langsung ditanam. Untuk menanam bayam pada satu hektar lahan diperlukan sekitar 5 sampai 10 kg benih, hal ini juga sangat bergantung dengan ketrampilan menyebar benih.

2. Mengolah Lahan Tanam Bayam Organik


Agar bayam bisa tumbuh dengan baik cara menanam bayam diperlukan lahan yang gembur. Pertama haluskan lahan dengan cara menghaluskan tanah kemudian buatlah bedengan. Lebar bedengan sekitar satu meter dan tingginya 20-30 cm sedangkan untuk panjang bedengan menyesuaikan dengan kondisi lahan. Jarak antar bedengan 30 cm dan sebaiknya bedengan membujur ke arah timur barat agar bayam bisa mendapatkan pencahayaan yang maksimal.

Tanaman bayam sangat sensitif dengan keasamaan tanah, oleh karena itu sebaiknya siapkan lahan dengan pH tanah kurang dari enam. Kemudian netralkan dengan menggunakan kapur dan dolomit sebanyak 2-3 ton per hektar. Apabila kondisi tanah memiliki kadar keasaman lebih dari 7, sebaiknya dinetralkan dengan menggunakan belerang.

Setelah kondisi tanah stabil, taburkan pupuk kandang sebanyak 10 ton per hektar. Untuk hasil terbaik sebaiknya menggunakan pupuk kandang dari kotoran ayam. Karena kotoran ayam memiliki kandungan nitrogen yang sangat dibutuhkan oleh tanaman bayam atau jenis tanaman sayur yang lain.

3. Penebaran Benih Bayam


Benih bayam mempunyai ukuran sangat kecil, cara menanamnya biasanya dengan cara disebar dengan tangan atau saringan. Usahakan benih bisa menyebar dengan baik. Kepadatan tebar benih bayam adalah 0,5 sampai 1 gram per meter persegi. Agar penyebaran benih bisa merata, sebaiknya campurkan benih dengan tanah atau kompos kemudian baru disebarkan di atas bedengan.

4. Perawatan Budidaya Tanaman Bayam


Dalam menanam bayam perawatan dan pengaturan air merupakan paktor penting penentu keberhasilan panen. Oleh karena itu ketika awal benih ditebar perawatan harus sudah dilakukan dengan optimal. Bila musim kemarau lakukan penyimaran 2 kali sehari dan jaga kelembaban tanah sampai benih berkecambah.

Setelah benih bayam sudah mulai tumbuh tunas, lakukan penyiangan pada tanaman liar atau gulma yang ada disekitar bayam. Gulma akan merebut nutrisi yang seharusnya diserap oleh tanaman bayam. Selain itu penyiangan juga harus dilakukan tindakan pencegahan terhadap hama yang menyerang tanaman bayam seperti kutu daun, ulat daun, tungau, karat putih dan busuk basah. Penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kesehatan tanaman dengan melakukan penyiraman secara teratur.

Bila hama masih belum bisa diatasi bisa menggunakan pestisida hayati dengan cara menanam tanaman sehat, mencegah timbulnya jamur dan mempertinggi kekebalan tanaman terhadap hama.

Bila bayam telah berusia 2 minggu setelah ditanam daun akan mulai terlihat menguning, maka berikan pemupukan tambahan. Pupuk tambahan bisa menggunakan kotoran ayam atau kompos yang sudah matang. Gunakan pupuk seoptimal mungkin agar budidaya bayam tetap ekonomis.

5. Panen dan Pasca Panen Bayam


Budidaya bayam sudah mulai bisa dipanen ketika berusia 20 hari sejak masa tanam atau tinggi tanaman sekitar 20 cm. Biasanya untuk 1 hektar lahan bisa menghasilkan sekitar 20 ton bayam cabut. Sedangkan untuk jenis bayam potong biasanya dipanen pada umur 1-1,5 bulan dengan interval pemanenan seminggu sekali.

Setelah dipanen, sortir dan cuci bayam sampai bersih kemudian sebelum dikirim, bayam diikat dengan bilah bambu. Setiap 50 ikatan digabung menjadi 1 gabungan. Simpan hasil panen budidaya bayam ditempat teduh karena bayam termasuk tanaman yang cepat layu.

Manfaat Bayam

1. Penting Untuk Menjaga Kesehatan Mata
    Bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat tinggi kandungan vitamin A, kita ketahui bahwa vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata agar penglihatan tetap baik.

2. Menjaga kesehatan tulang
   Vitamin K pada bayam membantu penyerapan kalsium yang baik bagi tulang. Pada orang-orang yang telah lanjut usia sangat rentan terkena penyakit osteoporosis, maka dari itu sangat penting mengkonsumsi bayam dan apalagi pada anak-anak yang sedang tumbuh kembang. Seimbangkan pula dengan susu untuk kalsium yang penting bagi pembentukan tulang.

3. Menjaga kesehatan jantung
  Plak kolesterol pada pembuluh darah arteri akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Antioksidan pada bayam mencegah menumpuknya kolesterol dan juga mampu mengontrol tekanan darah yang menjauhkan dari penyakit hipertensi.

4. Mencegah kanker
  Manfaat bayam terkandung pada flavonoid ini mampu meredam infeksi pada tubuh yang menyebabkan kanker. Beberapa diantaranya kanker ovarium, kanker paru-paru, dan kanker kolon. Selain itu beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa bayam diyakini dapat mengurangi resiko kanker kulit.

5. Mencegah Penuaan dini
  Vitamin a dan kandungan anti oksidan yang terdapat dalam bayam sangat membantu untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas.

6. Meningkatkan efisiensi Otot
  Masih ingat sinetron Popaye? ia akan tumbuh kuat berotot setelah makan bayam. Tidak salah memang, karena bayam dari berbagai penelitian di dunia di yakini dapat meningkatkan efisiensi otot. Para peneliti dari Karolinska Institute di Swedia menemukan partisipan yang mengonsumsi 300 gram bayam sehari mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk daya otot-otot mereka saat latihan sebesar lima persen. Efeknya terlihat hanya setelah tiga hari konsumsi bayam. Sungguh luar biasa.

7. Melancarkan Pencernaan
   Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat tinggi kandungan serat, hal ini sangat berdampak pada kesehatan pencernaan dalam tubuh manusia. Jika anda mengalami masalah BAB atau pencernaan lainnya ada baiknya anda mengkonsumsi bayam sebagai menu harian anda.

8. Baik Untuk Anemia
   Bayam mengandung zat besi yang sangat baik untuk memproduksi sel darah merah yang diperlukan oleh tubuh manusia. Kekurangan darah merah atau yang lebih dikenal anemia, maka ada baiknya anda mulai mengkonsumsi bayam secara rutin agar terbebas dari anemia.

1 comment for "Budidaya Tanaman Bayam Versi Anak Tani"

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete

Post a Comment