Cara Stek Batang Tanaman kopi Unggul Berbuah Lebat

Penyetekan Kpi adalah suatu kegiatan yang dilakukan pekebeun untuk mengubah hasil kopi menjadi lebih luar biasa, yang dimaksud penyetekan adalah proses penyambungan batang dengan tunas yang ada di pohon kopi lain. dimana tunas menjadi bagaian bawah dan cabang menjadi bagian atas, sehingga kalau sudah tumbuh berkembang pohon kopi akan pendek dan berkembang seperti dish parabola ,hehe. . .

Tujuan dari penyetekan adalah untuk memudakan ranting-ranting pohon dan juga untuk memaksimalkan produksi kopi dari pohon kopi tersebut.

A.PERSIAPAN PENYETEKAN

Peralatan yang dibutuhkan
  1. Induk tanaman kopi pilihan
  2. Pisau
  3. Gunting
  4. Perangsang akar yang biasa anda dapatkan di toko pertanian (bisa juga menggunakan air seni sapi)
  5. Siapkan bedengan yang nantinya digunakan sebagai media untuk melakukan proses stek. Media yang digunakan untuk membuat bedengan biasanya menggunakan pasir dan kompos dengan perbandingan 3:1.
  6. Plastik bening untuk menutup bedengan
1.Bahan
   a.Tunas
      Pilihlah Tunas batang yang sudah berumur 3 bulan keatas, yang sudah siap di setek.
   b.Cabang
      Ambilah cabang dari pohon kopi yang berbuah lebat, karena itu sungguh berpengaruh dalam           berbuahnya pohon kopi yang akan disetek itu, nantinya.


B.PENYAMBUNGAN
   Potong tunas batang 4cm, ambil pisau/karter lalu unjung pisau di letakkan di bagian kulit atas tunas, tekan dan goyang kekiri kekanan dengan demikian kulit akan terbuka, kemudian ambil satu ruas cabang lalu iris miring bagian sampingnya satu sisi saja, setelah itu tancapkan pada tunas yg telah kita buka tadi, ambil plastik es tarik sebagian, bagian ujung dan pertengahannya hingga memanjang, bagian yg ditarik diikatkan pada sambungan, setelah itu sisa ikatan kita potong lalu tutupkan pada sambungan, jadi satu plastik es digunakan sebagai pengikat dan juga penutup sambungan.
jangan lupa iket jadi nyambung dulu bibit induk, plstiknya agak di panjangin biar ngak nyenggol ikatan, terus ikat yang kuat, biar ngembun, sktar 1-2 minggu sudah keluar daun kalo bagus.

CARA STEK BATANG TANAMAN KOPI UNGGUL
  1. Cara stek tanaman kopi yang pertama yaitu dengan memiliki waktu yang tepat agar stek bisa berjalan dengan lancar. Waktu paling tepat yang digunakan untuk melakukan penyetekan yaitu pada penghujung musim hujan, dimana udara sekitar masih dalam keadaan lembab.
  2. Pilihlah dahan yang sudah berumur lebih dari 3 sampai 6 bulan, dimana pada umur segini biasanya batang kopi sudah berwarna coklat, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.
  3. Potong dahan dengan panjang kira-kira 10cm menggunakan pisau yang telah dipersiapkan dengan cara ujung potongan miring. Setelah itu potong setengah dari setiap daun yang ada di dahan agar penguapan bisa dikurangi.
  4. Masukan ujung potongan kepada cairan perangsang akar yang sudah anda beli, namun jika menggunakan air seni sapi sebaiknya campur 100ml air seni sapi dengan 1 liter air.
  5. Tancapkan potongan pohon kopi tersebut pada dendeng yang telah dipersiapkan, dan siram secara rutin satu sampai dua kali dalam sehari, lalu tutup menggunakan plastik bening yang telah disiapkan tadi.
  6. Pada bulan ketiga dimana stek yang dilakukan sudah mulai berakar anda bisa membuka penutup tersebut dan pada bulan keempat anda bisa memindahkanya dalam media polybag.
Screen Shoot






2 comments for "Cara Stek Batang Tanaman kopi Unggul Berbuah Lebat"

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete

Post a Comment