Mengenal Lebih Dekat Ikan Lele Clarias Ikannya Para Miliader

Mengenal Lebih Dekat Ikan Lele Clarias Ikannya Para Miliader

Mengenal Lebih Dekat Ikan Lele Clarias Ikannya Para Miliader - Ikan Lele (Clarias) adalah marga (genus) ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini mempunyai ciri-ciri khas dengan tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang serta mimiliki sejenis kumis yang panjang, mencuat dari sekitar bagian mulutnya. Ikan ini sebenarnya terdiri atas berbagai jenis (spesies). Sedikitnya terdapat 55 spesies (jenis) ikan lele di seluruh dunia.

leleIkan-ikan marga Clarias ini dikenali dari tubuhnya yang licin memanjang tak bersisik, dengan sirip punggung dan siripanus yang juga panjang, yang terkadang menyatu dengan sirip ekor, menjadikannya nampak seperti sidat yang pendek. Kepalanya keras menulang di bagian atas, dengan mata yang kecil dan mulut lebar yang terletak di ujung moncong, dilengkapi dengan empat pasang sungut peraba (barbels) yang amat berguna untuk bergerak di air yang gelap. Lele juga memiliki alat pernafasan tambahan berupa modifikasi dari busur insangnya. Terdapat sepasang patil, yakni duri tulang yang tajam, pada sirip-sirip dadanya.

Sejarah Ikan Lele
Ikan lele merupakan ikan dengan tubuh pipih memanjang serta licin dan tidak memiliki sisik. Terdapat 5 jenis sirip di tubuhnya, yaitu sirip dada, sirip punggung, sirip perut, sirip anus, dan sirip ekor. Pada sirip dada nya, terdapat semacam tulang atau duri yang keras dan tajam yang dinamakan dengan patil. Patil berfungsi sebagai alat perlindungan ikan lele dari musuhnya. Kepala ikan lele terbentuk dari tulang yang keras di bagian atas, dengan sepasang mata yang kecil dan kurang berfungsi. Maka dari itu ikan lele mengandalkan sungut atau kumisnya sebagai alat indera pembantu. Habitat asli ikan lele berasal dari Afrika. Ikan lele banyak ditemukan di air tawar seperti sungai dengan arus yang lemah, telaga, rawa-rawa, waduk, dan sawah yang tergenang air. Lele sendiri jarang ditemukan di air payau atau air asin, kecuali untuk lele laut yang marga dan suku nya berbeda, yakni Ariidae. Ikan lele juga bisa hidup di air yang kotor, seperti di got dan saluran pembuangan. Kebanyakan para peternak lele di Indonesia mengembangbiakkan ikan lele di kolam dengan air tawar.

Klasifikasi Ikan lele
KINGDOM : ANIMALIA
Sub-kingdom : Metazoa
Phylum : Chordata
Sub-phyllum : Vertebrata
Class : Pisces
Sub-Class: Teleostei
Ordo : Ostariophysi
Sub-Ordo: Siluroidae
Famili : Clariidae
Genus : Clarias
Species : Clarias Sp

Morfologi Ikan lele
  • Lele memiliki kepala yang panjang, hamper menccapai seperempat dari panjang tubuhnya kepala pipih ke bawah (depressed).
  • Bagian atas dan bawah kepalanya tertutup oleh tulang pelat, Tulang ini membentuk ruangan rongga di atas insang.
  • Mulut lele dilengkapi gigi, gigi nyata, atau hanya berupa permukaan yang kasar dimulut bagian depan.
  • Lele juga memiliki 4 pasang sungut yang terletak di sekiat mulut, Sepasang sungut hidung, sepasang sungut mandibular luar, sepasang sungut mandibular dalam, dan sepasang sungut maxilar.
  • Ikan ini mempunyai alat olfaktori dideket sungut yang berfungsi untuk perabaan dan penciuman serta penglihatan lele yang kurang berfungsi baik.
  • Mata lele berbentuk kecil dan tepi orbital yang bebas.
  • Ikan lele mempunyai bentuk tubuh memanjang, agak bulat,dan tidak bersisik.
  • Badan lele pada bagian tengahnya mempunyai bentuk yang membulat, sementara bagian belakang tubuhnya berbentuk pipih kesamping (compressed).
  • Sirip ekor ikan lele membulat dan tidak bergabung dengan sirip punggung maupun sirip anal.
  • sirip perut membulat dan panjangnya mencapai sirip dubur.
  • Sirip dada lele dilengkapi sepasang duri tajam yang umumnya disebut patil.
  • Umunya lele berwarna coklat.
Nama Lain Ikan lele

Ikan lele memiliki banyak nama penyebutan di berbagai daerah di Indonesia. Dalam bahasa inggris, ikan lele disebut dengan catfish karena memiliki kumis seperti pada kucing. Untuk jenis lele jawa, dalam bahasa inggris juga disebut sebagai walking catfish karena memang ikan lele jawa bisa melompat untuk berpindah tempat mencari perairan yang lebih banyak airnya.

Di daerah jawa ikan lele disebut dengan ikan lindi atau lele, di daerah Karo, Sumatera Utara disebut dengan ikan sibakut. Untuk daerah Kalimantan Selatan ikan lele biasa disebut dengan ikan pintet, sedangkan untuk daerah Sulawesi Selatan ikan lele disebut dengan ikan Cepi. Banyak juga ya ternyata nama penyebutannya. Untuk di luar negeri, ikan lele disebut dengan ikan keli di daerah Malaysia, ikan Plamond untuk daerah Thailand, serta ca tre trang untuk daerah Jepang.

Nama-Nama Ikan lele
Lele, secara ilmiah, terdiri dari banyak spesies. Tidak mengherankan pula apabila Lele di Indonesia mempunyai banyak nama daerah. Antara lain (jika ada yang terlewat, silahkan sobat ikut menambahkan):
  • Ikan Kalang (Sumatra Barat)
  • Ikan Maut (Gayo dan Aceh)
  • Ikan Kalang Putih (Padang)
  • Ikan Duri (Sumatera Selatan)
  • Ikan Sibakut (Karo)
  • Ikan Pintet, ikan Kaleh (Kalimantan Selatan)
  • Ikan Penang (Kalimantan Timur)
  • Ikan Keling (Makassar)
  • Ikan Cepi (Sulawesi Selatan)
  • Ikan Lele, Wais, dan Lindi (Jawa Tengah)
  • Ikan Wiru (Jawa Barat)

2 comments for "Mengenal Lebih Dekat Ikan Lele Clarias Ikannya Para Miliader"

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete
  2. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete

Post a Comment